ITSM (Information Technology Service Management, Manajemen Layanan Teknologi Informasi) adalah suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi. Istilah ITSM tidak berasal dari suatu organisasi, pengarang, atau pemasok tertentu dan awal penggunaan frasa inipun tidak jelas kapan dimulainya.
Manfaat Peningkatan mutu penyediaan layanan - Biaya kualitas pelayanan dapat dibenarkan - Pelayanan yang memenuhi bisnis, pelanggan dan tuntutan dari user - Proses Bisnis yang terjadi dapat lebih terpusat - Setiap orang mengetahui peran dan tanggung jawab mereka dalam penyediaan layanan - Belajar dari pengalaman sebelumnya - Indikator kinerja dapat dibuktikan.
Perspektif ITSM Products/Technology Perspective Mempertimbangkan bagaimana peran dari teknologi, hardware,software bahkan sampai budgeting. Process Perspective Berkaitan end-to-end dari service delivery berdasarkan proses yang sedang berjalan.
Standar ITSM Penjelasan tentang proses yang diperlukan untuk memberikan dan dukungan IT Services untuk pelanggan - - Tujuan utama adalah untuk menyampaikan dan mendukung teknologi atau produk yang dibutuhkan oleh key business untuk memenuhi tujuan-tujuan organisasi - Memberikan peran dan tanggung jawab bagi orang yang terlibat termasuk staf TI, pelanggan dan stakeholder lainnya yang terlibat - Pengelolaan pihak eksternal yang terlibat dalam peran dan dukungan teknologi atau produk yang ada.
Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM
http://slideplayer.info/slide/3054452/#
Tidak ada komentar:
Posting Komentar